Listrik Padam Akibat Gangguan Pasokan Arus di PLTMG Arun, Ini Penjelasan PT PLN ULP Perdagangan

Listrik Padam Akibat Gangguan Pasokan Arus di PLTMG Arun, Ini Penjelasan PT PLN ULP Perdagangan
Pers Realese, Gangguan Pada Instalasi Regasifikasi Milik Perta Arun Gas (PAG) Salah Satu Penyuplai Gas Untuk PLTMG Arun dan Pembangkit Listrik di UPK Belawan, Marine Vessel dan juga Pembangkit di Lokasi Paya Pasir, Belawan, Sumatera Utara.

SIMALUNGUN - Saat ini telah terjadi gangguan pada Instalasi Regasifikasi milik Perta Arun Gas (PAG), sumber ini merupakan salah satu penyuplai gas ditujukan kepada PLTMG Arun dan Pembangkit yang ada di UPK Belawan, Marine Vessel dan juga Pembangkit di lokasi Paya Pasir, Belawan, Sumatera Utara.

Informasi hal ini disampaikan oleh Manager PT ULP (Persero) Perdagangan Januar Tarigan tentang gangguan yang terjadi tepatnya pada Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Utara, diketahui telah kehilangan pasokan sebesar 1.069 MegaWatt (MW) dalam pers rilisnya melalui pesan aplikasi Whatsapp yang diterima jurnalis Indonesiasatu.co.id, Selasa (19/01/2021) sekira pukul 19.14 WIB.

"Akibat gangguan itu, kondisi pasokan arus listrik berkurang dan saat ini, telah kita lakukan upaya meminimalisir gangguan, " sebut Januar Tarigan.

Ia menjelaskan, terkait upaya menanggulangi dan untuk mengurangi dampak tersebut, maka PT PLN saat ini telah mengoperasikan seluruh pembangkit *Berbahan Bakar Minyak* ,  sehingga potensi padam arus listrik dapat diminimalisir hingga turun menjadi 343 MW.

"Menutupi kurangnya pasokan, seluruh sumber pembangkit listrik berbahan bakar minyak telah kita operasikan saat ini, " jelasnya.

Lebih lanjut, Manager PT PLN ULP Perdagangan mengatakan, saat ini pihak PT PLN dan Perta Arun Gas terus melakukan upaya pemulihan agar pasokan gas dapat normal kembali sehingga pembangkit *Berbahan Bakar Gas* milik PT PLN pulih dan normal serta segera dapat beroperasi seperti sediakala.

"Upaya maksimal atasi gangguan agar pasokan arus listrik kembali pulih telah dilakukan, bersama kita berharap dapat rampung secepatnya, " terang Januar.

Seterusnya, pihak PT PLN memohon maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan ini dan selebihnya, untuk konfirmasi serta informasi lebih lanjut dapat diakses melalui Contact Center PLN 123 (kode area_123) atau dapat juga dilakukan oleh pelanggan melalui Aplikasi PLN Mobile agar mendapatkan informasi secara terinci.. 

Pihak PLN (Persero) ULP Perdagangan berikut ini menyampaikan informasi penting, bahwa Rencana pengurangan beban periode 2 penyulang GP3 dan GP4, maka beberapa daerah terdampak padam yakni, wilayah Gunung Para, Dolok Merawan, Kalembak, Dolok Mainu, Purwosari, Serbelawan, Bandar Selamat, Bah Tobu, Dolok Hataran, Dolok Ilir I dan di area Pondok Baru.

Selain itu, juga padamnya arus listrik terjadi di wilayah Bahapal, Naga Soppa, Naga Jaya, Tanjung Hataran, Bahung Huluan, Bahung Kahean, Kampung Prapat, Limbong, Dolok Merangir, Dolok Kahean, Naga Dolok, Dolok Ulu, Batu Silangit dan juga Pematang Kahean sekitarnya.

Seterusnya, informasi Rencana pengurangan beban periode 3 penyulang SM8, daerah terdampak padam yakni di Perdagangan Kota, jalan Sudirman, jalan Merdeka, jalan Sandang Pangan, Bandar Jawa, Bandar Gunung, Bandar Sawah dan juga di jalan Kuala Tanjung.

Lebih lanjut, dampaknya juga terjadi di jalan Kartini, jalan Stadion, Perkebunan Bah Lias, Bah Lias, Pondok Tengah, Sugaran, Ranto Bayu, Panambean, Sei Langgei, Bandar Betsy, Bandar Silo, Gunung Serawan, Tapak Kuda, Mandaro, Pondok Coco, Partimbalan, Lias Baru, Jati Rejo, Lingga, Bandar Rawa, Bandar Sakti dan di wilayah Bandar Tinggi sekitarnya.

Berikut disampaikan "perubahan rencana", pengurangan beban periode 2 penyulang PT 02 dan wilayah terdampak pada sebagai berikut, di jalan Asahan, Perumnas Batu 6, Serapuh, Margo Mulyo, Silulu, Dolok Malela, Bandar Siantar, Pematang Gajing dan juga di wilayah Bukit Maraja.

Seterusnya, dampak pengurangan beban juga terjadi di wilayah Lingga, Silau Malela, Sahkuda Bayu, Marihat Bukit, Rabuhit, Gajing Jaya, Tumorang, Huta Dipar, Bandar Tongah, Dolok Parmonangan dan Bandar Betsy II, serta di daerah Bandar Manis sekitarnya.

(Amry Pasaribu)

sumut simalungun
Amry Pasaribu

Amry Pasaribu

Previous Article

Musa Rajekshah Apresiasi Pendiri PAB Atas...

Next Article

Warga Desa Payageli Terkapar Dianiaya OTK

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 124

Postingan Tahun ini: 563

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 1011

Registered: Sep 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 48

Postingan Tahun ini: 537

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 48

Postingan Tahun ini: 192

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Azhar Harahap

Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
Kadis Dikbud Buteng: Kalau Ada Honornya GTT di Bawah Satu Juta, Laporkan ke Saya

Follow Us

Recommended Posts

Terkait Dugaan Korupsi PT. ASABRI, Penyidik Jampidsus Periksa Lima Saksi, Empat Ahli Serta Satu Tersangka
Diduga Tidak Sanggup Bayar Uang Persalinan, Dedek Elivia Ditahan RS Bina Kasih
Penyidik Jampidsus Serahkan Berkas Perkara Tahap Satu Dugaan Penyimpangan Pengalihan IUP Batubara di Kabupaten Sorolangun
Dukung Program Jangan Mudik, Jaksa Agung Buka Pasar Murah Virtual Untuk Pengemudi Ojek Online
Penyidik Jampidsus Serahkan Berkas Tahap Dua Dugaan Korupsi Pemberian Fasilitas Pembiayaan PT. Bank Syariah Mandiri