Kepala Dinas Pendidikan Batubara Sebut Swakontrol Harus Dihidupkan Di Lingkungan Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Batubara Sebut Swakontrol Harus Dihidupkan Di Lingkungan Sekolah

MEDAN - Pendidikan dan pelatihan In Cervise Training 2 ini bermaksud memberikan kesempatan kepada guru profesional atau guru potensial untuk memiliki kompetensi dalam bidang kekepala sekolahan sehingga siap untuk memangku jabatan kepala sekolah secara profesional. 

Kepala Sekolah bukan lagi tugas tambahan melainkan  jabatan penting dalam sebuah institusi pendidikan, dimana peran kepemimpinan sekaligus keteladanan harus melekat pada dirinya. Karena Kepala Sekolah adalah manager di sekolah yang dipimpinnya 

Hal tersebut disampaikan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M. AP saat menutup In Service Traning 2 yang di wakili Kadis Pendidikan  Ilyas Sitorus  bertempat di Griya Hotel Jalan T. Amir Hamzah Medan, Sabtu ( 1/05/2021 ). 

Oleh karenanya rangkaian persiapan menuju kepala sekolah yang sudah Saudara ikuti selama diklat ini mulai dari Kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial berdasarkan Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK) teruslah perdalam dan implementasikan dalam tugas keseharian, harap Ncekli safaan akrab Kadisdik Batu Bara Ilyas. 

Masih menurut mantan Kepala Biro Humas Protokol Pemprovsu ini, bahwa setiap kepala sekolah dituntut untuk bisa membuat UPTD yang dipimpinnya baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa menjadi betah dan menyenangi aktivitasnya di lingkungan sekolahnya. Karenanya, dibutuhkan kemampuan seorang Kepala sekolah dalam menyiapkan suasana belajar yang baik dan efektif serta menyenangkan. 

Untuk itu menurut Ilyas Kepala sekolah harus punya inisiatip dalam mengelola sekolah. Karena Kepala Sekolah mempunyai fungsi Manajerial. Fungsi managerial merupakan fungsi  pertama yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah selain  fungsi Perencanaan, Fungsi Pengawasan dan fungsi Sosial. 

Diakhir sambutannya Ilyas mengajak calon kepala sekolah  harus punya inisiatif, ada rasa memiliki serta harus ada rasa bangga terhadap sekolah yang dipimpinnya begitu juga mampun menghidupkan Swakontrol di lingkungan sekolahnya terhadap warga sekolah. Disamping itu juga kepala sekolah memiliki visioner dalam menghadapi tantangan zaman. 

Ketua panitia Diklat, Ruslan yang juga Kabid  GTK mengatakan bahwa Diklat yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian dari tahapan program penyiapan calon kepala sekolah yakni seleksi administrasi, seleksi substansi dan diklat calon kepala sekolah yang telah diselenggarakan pada anggaran 2020 yang lalu dengan menghasilkan 34 org lulusan seleksi substansi dari 51 org yg mengikuti. In Service Training 1 dilaksanakan Februari 2021 dan In Service Traning 2 berakhir hari ini Minggu 30 April 2021, tambah Ruslan. 

Program diklat calon kepala sekolah dilaksanakan dengan pola luring melalui konsep on-in-on-in dengan rincian 70 JP in service learning 1, 200 JP on the job learning dan 30 JP in service learning 2, sehingga total 300 JP yang diikuti oleh 34 orang calon kepala sekolah terdiri dari jenjang SD 22 orang dan SMP 12 orang dengan pelaksana adalah UPT LPMP Sumatera Utara bekerjasama dengan LPPKS Solo dan Dinas Pendidikan Batu Bara yang dibantu dengan Pengajar Diklat 

Turut hadir pada penutupan In Service Traning 2 selain Kadisdik batu Bara Ilyas Sitorus,   Kabid GTK Ruslan,   Kasi GTK Dikdas Rahmad Zein, Kasi GTK Rotua Pulungan,   Doli serta Supervisor Diklat Cakep Nurulwati yang juga dosen Unsiah Banda Aceh, Frida Marta Argareta Dosen Unika Santo Thomas, Jufri Sinaga P4TK/Balai Besar Vokasi Medan dan dari LPMP Sumut  Misnutyanti. ( KARMEL.REL )

Batu Bara SUMUT
Karmel

Karmel

Previous Article

Tim Gabungan Brimobdasu Lakukan Pencarian...

Next Article

Rakor Lintas Sektoral, AKBP Boy Siregar:...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 124

Postingan Tahun ini: 563

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 1011

Registered: Sep 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 48

Postingan Tahun ini: 537

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 47

Postingan Tahun ini: 191

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Azhar Harahap

Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
Kadis Dikbud Buteng: Kalau Ada Honornya GTT di Bawah Satu Juta, Laporkan ke Saya

Follow Us

Recommended Posts

Terkait Dugaan Korupsi PT. ASABRI, Penyidik Jampidsus Periksa Lima Saksi, Empat Ahli Serta Satu Tersangka
Diduga Tidak Sanggup Bayar Uang Persalinan, Dedek Elivia Ditahan RS Bina Kasih
Penyidik Jampidsus Serahkan Berkas Perkara Tahap Satu Dugaan Penyimpangan Pengalihan IUP Batubara di Kabupaten Sorolangun
Dukung Program Jangan Mudik, Jaksa Agung Buka Pasar Murah Virtual Untuk Pengemudi Ojek Online
Penyidik Jampidsus Serahkan Berkas Tahap Dua Dugaan Korupsi Pemberian Fasilitas Pembiayaan PT. Bank Syariah Mandiri