Bupati Asahan Resmikan Nursery Mangrove Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut

Bupati Asahan Resmikan Nursery Mangrove Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut

ASAHAN - Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Sahat M Panggabean, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, Rektor UNA, OPD terkait melakukan peresmian Nursery Mangrove di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, pada hari Sabtu, (19/12/2020).

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Sahat M Panggabean mengatakan Pembangunan Nursery  Mangrove ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun green economy yang berkelanjutan.

Bibit bibit pohon yang dikembangkan selain memiliki fungsi ekologi juga memiliki fungsi ekonomi.

"Kedepan Indonesia ingin menuju ke sebuah Green economy yang sustainable, yang berkelanjutan dan kita harapkan dampak ekonomi kepada masyarakat bawah itu akan semakin kelihatan, " ucapnya.

Lebih lanjut Sahat mengatakan pembibitan (Nursery) mangrove ini dimaksudkan guna mendukung upaya pemulihan ekosistem dan ekonomi masyarakat pesisir yaitu dengan melakukan rehabilitasi kawasan mangrove dalam bentuk penanaman, pembibitan, dan pelatihan pengolahan produk turunan mangrove.

“Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah melakukan kegiatan Pembangunan Kebun Bibit yang berlokasi di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut Dusun 10 yaitu Seluas 3093 Meter2 (Area Pembibitan) dengan jumlah bibit sebanyak 500.000 yang pada hari ini telah diresmikan, ” ungkapnya.

Sahat menjelaskan, pembangunan tempat pembibitan mangrove akan menjadi sumber stok bibit mangrove siap tanam sehingga kegiatan penanaman mangrove untuk pemulihan ekosistem dapat terus dilakukan tanpa kendala ketersediaan bibit.

Selain itu, masyarakatpun dapat mengambil keuntungan dengan menjual bibit siap tanam tersebut kepada pihak Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) atau pihak lain yang membutuhkan.

“Stimulus ekonomi melalui program rehabilitasi kawasan mangrove ini berdampak positif pada pelestarian ekosistem pesisir dan kesejahteraan masyarakat, ” tandasnya.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, BSc menjelaskan Bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung Program Pembangunan Pembibitan (Nursery) Mangrove yang baru saja diresmikan.

“Dengan peresmian Pembangunan Pembibitan (Nursery) Mangrove ini merupakan salah satu upaya penanggulangan degradasi lahan dan kerusakan lingkungan pada ekosistem mangrove dan hutan pantai guna pencegahan bahaya intrusi air laut, gelombang abrasi, adaptasi-mitigasi tsunami, meningkatkan serapan karbon, meningkatkan estetika kawasan mangrove hutan pantai, dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui ekowisata mangrove hutan pantai, " ucap Bupati. Edward Banjarnahor

Asahan
Edward Banjarnahor

Edward Banjarnahor

Previous Article

Ketua TP PKK Provsu Berikan Bantuan Korban...

Next Article

Pastikan Dapat Digunakan Pada Operasi Lilin...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 124

Postingan Tahun ini: 563

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 1011

Registered: Sep 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 48

Postingan Tahun ini: 537

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 48

Postingan Tahun ini: 192

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Azhar Harahap

Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
Kadis Dikbud Buteng: Kalau Ada Honornya GTT di Bawah Satu Juta, Laporkan ke Saya

Follow Us

Recommended Posts

Terkait Dugaan Korupsi PT. ASABRI, Penyidik Jampidsus Periksa Lima Saksi, Empat Ahli Serta Satu Tersangka
Diduga Tidak Sanggup Bayar Uang Persalinan, Dedek Elivia Ditahan RS Bina Kasih
Penyidik Jampidsus Serahkan Berkas Perkara Tahap Satu Dugaan Penyimpangan Pengalihan IUP Batubara di Kabupaten Sorolangun
Dukung Program Jangan Mudik, Jaksa Agung Buka Pasar Murah Virtual Untuk Pengemudi Ojek Online
Penyidik Jampidsus Serahkan Berkas Tahap Dua Dugaan Korupsi Pemberian Fasilitas Pembiayaan PT. Bank Syariah Mandiri