Ikuti Lomba Berbalas Pantun Tahun 2021, Managemen PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Mohon Doa Restu dan Dukungan

Ikuti Lomba Berbalas Pantun Tahun 2021, Managemen PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Mohon Doa Restu dan Dukungan
Manager PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Rudi H Simatupang, Maskep PKS Bah Jambi Dezy Fairu bersama ke Empat Peserta Perlombaan Berbalas Pantun Tahun 2021 yakni, Fatahur Rahman, Reza Gultom, Yolanda boru Saragih dan Dwiena

SIMALUNGUN - Berbalas Pantun tidak hanya sebagai alat berkomunikasi sosial masyarakat khususnya bagi suku Melayu di Indonesia dan sebagai salah satu kebudayaan populer. Berbalas pantun merupakan ciri khas suku Melayu yang berada.di Pulau Sumatera sejak dulu dan saat penyampaian kalimatnya mengandung makna, pesan, petuah dan panduan moral sosial dalam kehidupan.

Kini,  Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada sesi ke-15, telah menetapkan pantun sebagai "Warisan Budaya Takbenda", Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kantor Pusat UNESCO di Paris, Prancis pada 17 Desember 2020 lalu.

Di Indonesia, sehubungan dengan penetapan dan pengukuhan oleh PBB-Unesco terkait pantun, maka PT Balai Pustaka yakni, salah satu Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang dikenal identik dengan rumah besar sastrawan nasonal, pada saat ini menyelenggarakan Perlombaan Berbalas Pantun tahun 2021.

Tak ketinggalan, raih kesempatan untuk berkarya dan juga apresiasi atas pengukuhan pantun, turut berpartisipasi dalam perlombaan berbalas pantun, PT (Persero) Perkebunan Nusantara IV Unit PKS Bah Jambi, Nagori Bah Jambi, Kecamatan Jawamaraja Bah Jambi, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

"Kesempatan kali ini, Tim Berbalas Pantun yang menjadi peserta perlombaan dengan tema pantun motivasi atau semangat, lingkungan hidup dan pergaulan dengan kategori millenial anak perusahaan BUMN yang kita ikuti, " kata Manager PTPN IV Unit PKS Bah Jambi dalam pesan selularnya diterima Jurnalis Indonesia.satu.co.id, Senin (12/04/2021) sekira pukul 07.56 WIB.

Manager PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Rudy Simatupang selanjutmya menyampaikan, keikutsertaan pihaknya dalam event perlombaan berbalas pantun dengan mendelegasikan grup peserta terdiri dari dua orang pria dan dua orang perempuan. Kemudian, Ia juga mengatakan, ke empat pesertanya mengenakan satu set busana adat Melayu.

"Seluruh peserta terdiri dari, Fatahur Rahman, Reza Gultom, Yolanda boru Saragih dan Dwiena telah mengirimkan video Berbalas Pantun ke situs, Berbalas Pantun Tahun 2021 Balai Pustaka, selambatnya sampai 30 April 2021, " jelas Rudi Simatupang lebih lanjut.

Menurut Manager Rudi Simatupang lebih lanjut dalam pesannya juga mengutarakan, atas penetapan pantun sebagai tradisi budaya Indonesia ke-11 yang diakui PBB - UNESCO, maka pihaknya dalam kesempatan itu turut menyampaikan apresiasi serta berkomitmen dalam hal terus menjaga dan melestarikan budaya nasional yakni, Berbalas Pantun yang telah mendunia.

"Semoga Pantun juga dilestarikan dan menjadi program edukasi kepada anak-anak bangsa, dapat diajarkan secara formal baik di sekolah maupun melalui kegiatan kesenian, " terangnya.

Di akhir penyampaian pesannya, Manager PTPN IV Unit PKS Bah Jambi Rudi H Simatupang menambahkan, untuk materi pantun dan pembuatan video yang dikirimkan dalam ajang perlombaan ditangani langsung oleh Dezy Fairu, Maskep PKS yang merupakan Putra Melayu Deli.

"Mohon do’a restu dan harapan kami, semoga masyarakat berkenan memberikan dukungan, serta tak lupa kami sampaikan untuk lebih detailnya dapat ditonton dengan cara klik pada LINK Youtube, https://youtu.br/iH6bMG4JYNo, " pungkas Rudi H Simatupang.

(Amry Pasaribu)

simalungun sumut
Amry Pasaribu

Amry Pasaribu

Previous Article

Deklarasi dan Pengukuhan DPP LSM Lembaga...

Next Article

Gubernur Sumatera Utara Hadiri Peresmian...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 124

Postingan Tahun ini: 563

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 1011

Registered: Sep 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 48

Postingan Tahun ini: 537

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 48

Postingan Tahun ini: 192

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Azhar Harahap

Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
Kadis Dikbud Buteng: Kalau Ada Honornya GTT di Bawah Satu Juta, Laporkan ke Saya

Follow Us

Recommended Posts

Dit Resnarkoba Polda Sumut Laksanakan Test Urine  Pengemudi Angkutan Darat, Udara dan Laut
Terkait Dugaan Korupsi PT. ASABRI, Penyidik Jampidsus Periksa Lima Saksi, Empat Ahli Serta Satu Tersangka
Diduga Tidak Sanggup Bayar Uang Persalinan, Dedek Elivia Ditahan RS Bina Kasih
Penyidik Jampidsus Serahkan Berkas Perkara Tahap Satu Dugaan Penyimpangan Pengalihan IUP Batubara di Kabupaten Sorolangun
Dukung Program Jangan Mudik, Jaksa Agung Buka Pasar Murah Virtual Untuk Pengemudi Ojek Online